Kamis, 09 April 2009

Masked Rider Spirit

@Masked Rid

Masked Rider Spirits

Ketika stasiun televisi swasta mulai memasuki masa jayanya, masyarakat Indonesia mulai diperkenalkan pada konsep super-hero yang sebelumnya tidak banyak terdengar: para ksatria ber-armor baja, para masked rider, atau lebih tepatnya, Kamen Rider!

Sebenarnya, ada dua kelompok besar Kamen Rider. Pertama adalah yang terkadang dikenal sebagai para kamen rider klasik. Show yang menampilkan jagoan-jagoan ini diproduksi dan ditayangkan sebelum tahun 1989 (era Showa.) Lalu ada para kamen rider modern, yang tampil setelah tahun 1989 (era Heisei) dan meliputi semua kamen rider setelah Kamen Rider Black RX sampai inkarnasinya yang paling baru, Kamen Rider Kiva, dan calon kamen rider terbaru, Kamen Rider Decade.

Tetapi ternyata, petualangan para kamen rider senior tak begitu saja terputus di tahun 1989. Melalui serial manga Kamen Rider Spirits, yang di sini dikenal dengan judul Masked Rider Spirits, kita kembali dipertemukan dengan Kamen Rider Ichigo, Kamen Rider Nigo, Kamen Rider V3 sampai Kamen Rider Super-1.

Satu hal yang menarik dari seri kamen rider era Showa, adalah bahwa semuanya terjadi di satu ‘dunia’ yang sama. Praktis semua kamen rider pernah terlibat pertarungan bersama dengan pendahulu-pendahulunya. Tak jarang bahkan, kita melihat satu tim kamen rider bersatu untuk melawan musuh yang sama. Tentu saja tradisi ini juga tak hilang di Kamen Rider Spirits.

Serial manga ini dibuka dengan cuplikan petualangan baru masing-masing kamen rider, yang walaupun sudah tercerai-berai, ternyata masih aktif berkelana membasmi kejahatan. Di sini kita bisa melihat apa yang terjadi setelah episode terakhir serial-serial kamen rider klasik. Terkadang cukup terduga, terkadang cukup mengejutkan, seperti Riderman serta musuh bebuyutannya, Marshall Armor, yang ternyata masih hidup.er Spirits vol.5, Level Comics@
Seiring dengan berjalannya cerita, diperkenalkannlah tokoh baru: kamen rider ke-10, yaitu Kamen Rider ZX. Sebenarnya, Kamen Rider ZX sudah pernah muncul di film Jūgō Tanjō! Kamen Raidā Zen’in Shūgō!! (Yang Kesepuluh Telah Hadir!! Semua Kamen Rider Bersama!!) Tetapi di Kamen Rider Spirits, kejadian di film tersebut diabaikan, dan Kamen Rider ZX mendapat cerita baru. Tak lupa, muncul pula organisasi jahat baru, yang dinamai Badan. Inilah alasan utama mengapa para kamen rider senior belum bisa pensiun dini…
Dan sesuai dengan tradisi serial kamen rider, Rider terbaru akhirnya bergabung dengan senior-seniornya untuk menghadapi wajah baru kejahatan.

Satu kata yang bisa dikatakan mengenai serial manga yang satu ini: keren! Para Rider klasik tentu saja masih ditampilkan dengan gaya tradisionalnya, tetapi kini tampak lebih gagah dan berwibawa. Bagaimana tidak, mereka kini adalah veteran yang sudah banyak makan asam garam dunia.

Terbebas juga dari keterbatasan efek spesial dan trik-trik kamera, adegan-adegan pertempuran tampil lebih dahsyat. Detail kostum masing-masig kamen rider juga terasa lebih otentik, dan terkesan realistis. Gambar close-up helm Riderman misalnya, benar-benar menampilkan kesan klasik sekaligus futuristik dan canggih. Para kaijin, atau monster, kini juga bisa tampil lebih menyeramkan dan tidak melulu mengesankan tampak stuntman berkostum. Tentu saja, Rider Punch dan Rider Kick kini juga tampil lebih “Wah!”

Akhir kata, Kamen Rider Spirits merupakan bacaan wajib bagi para fans Kamen Rider klasik. Dan fans tokusatsu modern juga dapat sedikit banyak belajar mengenal inkarnasi awal dari genre yang satu ini. Dan untuk yang lain? Jika Anda tidak berkeberatan menggali info latar, Kamen Rider Spirits menjanjikan petualangan seru, aksi memukau, dan cerita yang mantap!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar